Kamis, 19 Januari 2012

Bentuk Keridhoan Alloh untukku

          “Maka  nikmat  Tuhanmu  yang  mana lagi  yang  kamu  dustakan”
          Sepenggal  ayat  itu  yang  memanggil  saya  untuk  sedikit  bercerita  tentang  berbagai  rentetan  kejadian  dalam  hidup  saya.  Banyak  yang  meminta  saya  bercerita  tentang  episode  indah  yang  saya  alami  belum  lama  ini.  Mawapres
J
          Bagaimana teh  seorang  ketua  BPM  menjadi  mahasiswa  berprestasi?bagaimana  teteh  membagi  waktu?berapa  IPK  teteh  dan  lain  sebagainya .
          Mari  sedikit  berbagi  pengalaman  yang  saya  miliki.
          Saya  adalah  seorang  pemimpi  besar.  Saya  terbiasa  dengan  membuat  semuanya  teratur,  terencana,  terarah  dan  terfokus  terhadap  apa  yang  menjadi  tujuan  saya.  Menjadi  seorang  mahasiswa  berprestasi  adalah  sesuatu  yang  saya  impikan  sejak  tahun  2009  saat  saya  melihat  baligho  seorang  akhwat  terpampang  didepan  pintu  gerbang  Unpad  yang  bernama  Arizona,  ekonomi  2006.  Hati  kecil  saya  berkata “saya  ingin  seperti  dia”.  Lalu  saya  lupa  akan  azzam  saya  sejalan  dengan  kesibukan  saya  di  lembaga  kemahasiswaan,  kuliah  dan  kegiatan-kegiatan  yang  selalu  menyita  fikiran  dan  tenaga  ini. 
          Walau  saya  melupakan  azzam  saya  tersebut   Alloh  membangkitkan  semangat  berprestasi  saya. Oh bukan  semangat  berprestasi  tapi  semangat  untuk  mencetak  prestasi  dan  menjadi  seseorang  pada  masa  saya.  Sampai  waktu  itu  tahun  2010  saya  menjadi  ketua  world  congress  IAAS  ,  sungguh  disinilah  saya  pertama  membuka  mata  cakrawala saya.  Bagaiman  saya  harus  mampu  berkomunikasi  dengan  orang  lain,  berempati  hingga  bagaimana  saya  harus  mampu  menunjukan  bahwa  saya  orang  Indonesia. 
          Apa  hubungannnya  mahasiswa  berprestasi  dengan  ketua  world  congress?  Begini,  karena  saya  ketua  pada  saat  itu  saya  dituntut  harus  mengikuti  National  Congress  IAAS di  Brawijaya  sekitar  bulan  Februari.  Saya  ingat  betul  pada  saat  itu  pertama  kali  saya  belajar  presentasi  di  depan  mahasiswa  yang  berasal  dari  berbagai  universitas  ,  saya   membawa  nama  almamater saya. Well, I believed  I can  do  my  best.  Dalam  hati  saya  berkata  demikian  dan  alhmdulillah  pembelajaran  saya  yang  pertama  itu berhasil.  Selanjutnya  adalah  tahap  dimana  ada  pemilihan  pejabat-pejabat  IAAS  Indonesia.  Saya  melihat  Cv  mereka  satu-satu  dan  subhanalloh  kekaguman  saya  tidak  berhenti  saat  saya  tau  bahwa  dalam  CV  mereka  berisikan  banyak  lomba,  mereka  adalah  mawapres  di  fakultas  mereka  masing-masing,dll.  Sedangkan  saya?saya  adalah  seorang  ketua  acara  berkelas  dunia  tapi  belum  satupun  lomba  yang  saya  pernah  menangkan  sejak  saya  SMA  sampai  saat  itu.  Sedikit  informasi  saya  saat  itu  baru  belajar  berorganisasi,  jujur  pertama  kali  saya   masuk Unpad  prestasi  saya  nol  begitu  juga  pengalaman  organisasi.  Kelebihan  saya?  Saya  memiliki  semangat dan  mimpi  yang  besar.
          Disaat  saya  lelah,  disaat  saya  sibuk  saya  harus  tetap  menyempatkan  diri  bangun  jam3  untuk  tahajud.  Saat  itu  adlah  saat  dimana  saya  menceritakan  semua  mimpi-mimpi  saya,  berdiskusi  tentang  hati  saya  dan  bermesra-mesraan  memohon  atas  segala  ingin  saya.
          Sembari  berdoa  saya  terus  berikhtiar.  Lomba  demi  lomba  saya  ikuti.  Saya  wajibkan  untuk  membaca  Jakarta  post  setiap  pagi  sampai  pada  akhirnya  tanpa  saya  sadari  CV  saya  sudah  bertambah  sutu  kolom  yaitu  PRESTASI .  juara  3,  juara  2,  sampai  menjadi  juara  karya  artikel  ilmiah  terbaik  bertaraf  nasional  pernah  saya   dapatkan.  Baik  artikel  berbahasa  Indonesia  maupun  Bahasa  Inggris  mampu  saya  buat.  Dari  mulai  tidak  pernah  berbicara  didepan  umum,  organisasi  kosong  hingga  saya  menjadi  seorang  Ketua  BPM  KMFP  Unpad , saya  merasa  percaya  diri  saya  layak  dan  berani  mencalonkan  diri  menjadi  mahasiswa  berprestasi. Alhmdulillah Alloh ridho  saya  menjadi  salah  satu  mahasiswa  berprestasi  di  Fakultas  Pertanian  Unpad. 
          Poin  terpenting  adalah  dakwah.  Saya  punya  rumus  buat  kalian  yang  ingin  menjadi  mahasiswa  berprestasi  ,  fy  (x)=  X1+X2+…  Xy  dan  hasil  akhirnya  adalah  dakwah.  Mungkin  X1 lomba,  X2  keaktifan  organisasi,  bahasa  inggris  dan  lain  sebagainya  tetapi  kalau  ujung  niatnya  bukan  untuk  dakwah  yaa sama  aja  standar.  Hehe…  Dakwah  itu  bukan   sesuatu  yang  berat kok,  menginspirasi  orang  lain  untuk  menjadi  lebih  baik  juga  bagian  dari  dakwah.  Ingat  ya  ,  belajar  menginspirasi  orang  lain.
          Mahasiswa  berprestasi  adalah  mahasiswa  yang  mampu  menyeimbangkan  semua  aspek  dalam  kehidupan.  Akademik,  non  akademik  sampai  dengan  kemampuan  berbahasa  asing  adalah  syarat  yang  harus  dipersiapkan.  Persiapan  teknisnya  sih  lurusin  niat,  kumpulin  sertifikat  dan  persiapkan  karya  tulis  sebaik  mungkin.  Akan  ada  mawapres  sesi  2,  nantikan  selanjutnya.  J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar