Kamis, 08 Maret 2012

Kenapa Harus FIM?

Belakangan  saya  banyak  mendapat  pertanyaan  mengenai  FIM.  Apa  itu  FIM  dan  bagaimana  tips  agar  bisa  bergabung  disana.
            Sedikit  berbagi  pengalaman  yuuu J
            Semangat  perubahan  FIM  berbeda  dari  organisasi  kepemudaan  lainnya.  Kita  mengetahui  di  Indonesia  ini  banyak  organisasi  yang  mengusungkan  perubahan  dengan  cara  mereka  masing-masing.  Ada  yang  bergerak  dalam  lingkungan,  politik  dan  ada  yang  bergerak  dalam  wirausaha.  FIM , organisasi  yang   saya  ikuti  kurang  dari  satu  tahun  ini  mengajarkan  saya  banyak  hal.  Mengajarkan  saya  untuk  hidup  bukan  untuk  saya  pribadi,  bukan  sekedar  peningkatan  kapasitas  saya  saja.  Tidak  peduli  dengan  apapun  caranya  kontribusi  untuk  bangsa  adalah  harga  mati  yang  harus  dilakukan.
            Di  FIM  saya  bertemu  dengan  orang-orang  besar.  Saya  percaya  bahwa  roda   akan  berputar,  perputaran  yang  menjadi  pengubahnya.  Peputaran  waktu  mendatangkan  generasi  baru  dengan  idealisme  dan  pola  pikir  baru.  Perubahan  gerak  langkah  yang  dinamis  diiringi  dengan  perubahan  Indonesia  ini  ke  arah  yang  lebih  baik  lagi.  Mereka  berasal  dari  seluruh  belahan  di  Indonesia  bersatu  dan  berjalan  tegak  untuk  bangsa  ini.  Mereka  adalah  mahasiswa-mahasiswa  terbaik,  mereka  adalah  mahasiswa  berprestasi  dari  berbagai  belahan  di  Indonesia,  ketua  BEM,  ketua  BPM  ,  mahasiswa  pertukaran  pelajar  dan  masih  banyak  lagi  latarbelakang  kenapa  mereka  terpilih  menjadi  bagian  dari  FIM.   Persiapkan  diri  dengan  sebaik-baiknya  karna  orang  lama  akan  berganti  dengan  yang  baru.   Pada  masanya  orang-orang  besar  yang  masih  berumur  muda  ini  akan  menjadi  orang-orang  besar  yang  menguasai  Indonesia. 
            Semangat  itu  pasti  menular.  Saya  sering  berkata  kepada  teman-teman,  saudara  dan  keluarga  saya.  Semakin  sering  kita  mengeluarkan  aura  positif ,  akan  semakin  positif  pula  sekitar  kita.  Begitu  pula  dengan  semangat  yang  akan  membuat  sekitar  berubah  karna  semangat  dari  dalam  diri  kita.    Nuansa  kekeluargaan  di  FIM  itu  berbeda,  semangat  itu  menular  dengan  cepat  karna  ikatan  nurani  kita  begitu  menyatu.  Mengedepankan  moral,  akhlaq  adalah  cinta  tulus  kepada  bangsa  yang  terus  di bakar.
            Lulusan  FIM  adalah  pemuda  terbaik yang  memiliki  semangat  perubahan  lebih  untuk  bangsa.  Semua  tersebar  di  seluruh  penjuru  Indonesia.  Lulusan  FIM  tidak  hanya  ada  di  Indonesia  tetapi  mereka  juga  ada  di  seluruh  belahan  negri  ini.   Tidak  ada  arahan  bahwa  lulusan  FIM  harus  menjadi  politikus,  pengusaha  atau  professional.   Semua  bergerak  berdasarkan  passion.  Passion  is  things  that  you  really  love  doing.  Your  passion  is  your  strength.  And  your  strength  is  NOT  about  what  you’re  good  at.  It’s  about  what  you  enjoy  the  most  (Rene  Suhardono).  Passion  kita  mungkin  berbeda  tapi  tujuan  kita  satu  untuk  membangun  Indonesia  menjadi  lebih  baik  lagi  dengan  kelebihan  yang  ada  pada  diri  kita  masing-masing.
            Indonesia  adalah  bangsa  yang  besar.  Kalau  bukan  kita  pemuda  yang  memilih  lingkungan  yang  positif,  teman-teman  yang  menginspirasi  dan  organisasi  yang  mengantarkan  kita  meningkatkan  kapasitas  diri  kita  mungkin  akhirnya  kita  akan  tetap  jadi  bangsa  yang  kecil.  Bangsa  ini  bisa  menjadi  besar  karna  pemudanya.  Pemuda  itu  siapa?silahkan  berkaca  ,  karna  jawabannya  ada  pada  diri  Anda.
            Tidak  akan  habis  saya  bisa  bercerita  tentang  bagaimana  FIM  mentarbiyah  saya.  Episode  kehidupan  saya  begitu  special  di  dunia  ini.  Perubahan  paradigm  saya  untuk  Indonesia  mengantarkan  saya  untuk  bisa  meningkatkan  kemampuan  yang  ada  pada  diri  untuk  menjadi  lebih , lebih  dan  lebih.
           
            So,  sekarang  bagaimana  bisa  menjadi  bagian  dari  FIM?
1.     Buka  website  forumindonesiamuda.org
2.    Kerjakan  formulir  pada  file  yang  terpisah  terlebih  dahulu,  karna  CV  itu  bagian  poin  penting  penilaian,  mohon  dibuat  seteliti  mungkin  dan  isi  sejujur-jujurnya
3.    Buat  esay  yang  menarik  dan  menjual.  Gunakan  kata-kata  tajam  yang  mampu  membawa  dan  mendeskripsikan  diri  Anda  lebih.  (Jangan  terlalu  lebay  apalagi  dibesar-besarkan,  “how  to  market  your  self”)
4.    Saran  lebih  dari  saya  karna  ini  saingannya  1:10  atau  1:20  se-Indonesia.  Rangkum  sesuatu  yang  lebih  dari  diri  Anda  yang  membedakan  dengan  yang  lain.  Recruter  akan  lebih  tertarik  pada  sesuatu  yang  berbeda  dan  gak  standar.  Anda  bukan  orang  standar  kn?so  deskripsikan  dengan  baik  kelebihan  diri  Anda
5.    Optimis  dan  istiqomah
Di  FIM  orang  bisa  mencoba  sampai  berkali-kali  untuk  bisa  keterima,  nah  saran  saya  saat  belum  diterima  coba  lagi  tahun  depan.  Jangan  menyerah!
6.    Cek  baik-baik  kelengkapan  berkas
7.    Banyak  bergaul  dengan  alumni  FIM.  (hahhahaa…)
8.    So  what  u  are  waiting  for?  More  actions,  more  contribution!!


“AKU  UNTUK  BANGSAKU”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar